MANAJEMEN SISTEM INFORMASI

Assalamualaikum wr.wb.


Alhamdulillah bersyukur kepada Allah SWT karena telah diberikan kesehatan sehingga Pada kesempatan ini saya masih bisa menulis sebuah artikel, yang mudah-mudahan isi artikel ini bisa bermanfaat.





Kali ini saya akan bahas tentang "Manajemen Sistem Informasi" yang saya ambil dari beberapa sumber.



1. Pengertian Manajemen sistem informasi


Manajemen sistem informasi merupakan suatu sistem informasi yang digunakan oleh organisasi untuk mengelola semua transaksi yang mendukung fungsi manajemen, dan berguna untuk pengambilan keputusan. Atau informasi yang menghasilkan Output dengan masukan Input dan berbagai proses lainnya yang hasilnya dibutuhkan untuk kegiatan manajemen. sumber Klik disini

Menurut para Ahli
  • Bodnar dan Hopwood ; buku Accounting Information System: Kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk mentransformasikan data dalam bentuk informasi yang berguna.
  • Turban, McLean, dan Waterbe ; buku Information Technology for Management Making Connection for Strategies Advantages: Sistem yang mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi untuk tujuan yang spesifik.
  • L. James Havery ; Sistem merupakan prosedur logis dan rasional guna melakukan atau merancang suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu sama lain. Sumber Klik disin
2. Perkembangan Manajemen Sistem Informasi



Awal mula perkembangan komputerisasi informasi, komputer belum mempunyai program yang berjalan secara otomatis, tetapi hanya menjalankan komando yang dimasukkan secara manual ke dalam komputer. Baru sekitar tahun 2000’an mulai berkembang sebagai satu sistem yang terintegrasi pada berbagai induk perusahaan dan cabang-cabangnya.

Sistem tersebut lalu dibentuk dalam sistem informasi berbasis komputer (Computer Based Information System). Hingga saat ini sistem informasi berjalan secara terintegrasi dan berjalan secara otomatis.

Manajemen sistem informasi memiliki elemen-elemen fisik yang dibutuhkan untuk kelancaran sistem yang digunakan, yaitu perangkat keras komputer, perangkat lunak, yaitu perangkat lunak sistem umum, perangkat lunak terapan umum, serta program aplikasi.
Selanjutnya, dalam manajemen sistem informasi terdapat database dan prosedur pelaksanaan sistem manajemen perusahaan dan tentunya, petugas yang mengoperasikan semua sistem tersebut.
Sumber Klik disini



3. Fungsi Manajemen Sistem Informasi :







  • Mengumpulkan dan menyimpan data dari semua aktivitas dan transaksi perusahaan.
  • Memproses data menjadi informasi yang berguna pihak manajemen.
  • Memanajemen data-data yang ada kedalam kelompok-kelompok yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.
  • Mengendalikan kontrol data yang cukup sehingga aset dari suatu organisasi atau perusahaan terjaga.
  • Penghasil informasi yang menyediakan informasi yang cukup bagi pihak manajemen untuk melakukan perencanaan, mengeksekusi perencanaan dan mengkontrol aktivitas. Sumber Klik disini
4. Kategori manajemen Sistem Informasi

Kategori utama dalam sistem ini  meliputi:
  • Executive Information System(EIS): Manajemen menggunakan EIS untuk membuat keputusan yang memengaruhi seluruh organisasi.
  • Marketing Information System (MkIS): Bagian pemasaran menggunakan MkIS untuk melaporkan efektivitas histori proses pemasaran dan saat ini.
  • Business Intelligence System (BIS): Operasi yang menggunakan BIS biasanya untuk membuat keputusan bisnis berdasarkan pengumpulan, integrasi, dan analisis data dan informasi yang dikumpulkan.
  • Customer Relationship Management System (CRM): Sistem CRM menyimpan informasi penting tentang pelanggan, termasuk penjualan sebelumnya, informasi kontak, dan peluang penjualan.
  • Sales Force Automation System (SFA): Komponen khusus sistem SFA yang mengotomatiskan banyak tugas yang dilakukan oleh tim penjualan.
  • Transaction Processing System (TPS): TPS dapat berupa sistem point of sale (POS) atau sistem yang memungkinkan wisatawan untuk mencari hotel dan termasuk opsi kamar lalu seperti kisaran harga, jenis dan jumlah tempat tidur.
  • Knowledge Management System (KMS): Layanan pelanggan dapat menggunakan sistem KMS untuk menjawab pertanyaan dan memecahkan masalah.
  • Financial Accounting System (FAS): Sistem ini khusus untuk departemen yang berhubungan dengan keuangan dan akuntansi. Sumber Klik disini
Untuk gambaran singkat mari kita saksikan video berikut:





Cukup sekian dari saya,semoga bermanfaat

Komentar